Friday, February 12, 2021

Premature Dawn: The Global Twilight Pattern (1)


Alhamdulillah,
buku kami yang berjudul: Premature Dawn: The Global Twilight Pattern akhirnya terbit juga pada 9 Februari 2021 lalu. Berarti tidak sia-sia kami mengeram di rumah berbulan-bulan selama pandemik ini. Segala puji bagi Allah, ini juga merupakan hadiah ulang tahun ke 70 bagi saya.

Penelitian tentang awal waktu subuh dan isya yang kami mulai sejak Februari 2017 ini semula bersifat lokal saja. Namun perkembangan intermediate results yang kami peroleh kemudian menantang kami untuk mengembangkan penelitian ini dalam skala nasional. Sampai pada sekitar pertengahan 2019, sekelompok Muslim di London minta tolong untuk memproseskan data foto panoramik (All-Sky Camera) yang mereka ambil sepanjang 2017-2018 di Yorkshire. Ada sekitar 544 hari data morning twilight, dengan jumlah foto lebih dari 56,400 buah. Ini memang kami lakukan voluntarily, namun keputusan kami tersebut telah merubah nasib kami yang semula sebagai pemain lokal, tiba-tiba menjadi global player

Apalagi kemudian UHAMKA membiayai ISRN untuk mengambil data twilight di Tacoma (USA), Cairo, Istanbul, dan Johor Bahru. Total data twilight kami saat ini hampir 1,000 hari yang tersebar di empat benua (kecuali Australia). Ini merupakan intangible assets yang jarang dimiliki institusi lain di dunia. Mungkin, kami lah satu-satunya di dunia pemilik aset ini, apalagi jika ditambah dengan aset ikutan yang kami miliki berupa software dan brainware. Sementara saudara-saudara kami masih berkutat dengan data SQM, ISRN justru telah meninggalkannya karena data SQM sukar diverifikasi. ISRN sekarang bermain menggunakan sensor moderen lain termasuk drone untuk penyusunan global twilight. Ada sebuah sensor moderen lain yang sedang kami pertimbangkan yang belum dapat diungkap di sini.

Dengan status kami sebagai pemain global, maka target penerbitan buku kami adalah memberi masukan pada:

  • Islamic Society of North America (ISNA).
  • European Council for Fatwa and Research (ECFR).
  • Umm al-Qura University.
  • Dan lembaga-lembaga Muslim lainnya di dunia.

Yang tertarik mengikuti overview hasil riset kami yang berangkat sebagai pemain lokal dan sekarang menjadi pemain global, silahkan ikuti video berikut:


Video lain yang relevan:




0 comments: