Sunday, July 5, 2020

Fajar di Gunung Bromo



Video ini adalah contoh kerjasama melalui skema crowdsourcing penelitian fajar. Data diambil oleh Bapak Bahrul Ulum dari Universitas Muhammadiyah Surabaya yang juga Pengurus PDM Pasuruan. Sementara ISRN yang memproses datanya di Jakarta.

Data diambil di Kecamatan Tosari sekitar 17 km dari Gunung Bromo pada 23-27 Juni 2020. Lokasi pengambilan bebas polusi cahaya, dan tingkat polusi udaranya juga sangat rendah. Video ini juga mendemonstrasikan bahwa tingkat polusi (cahaya dan udara) tidak juga menyebabkan fajar muncul lebih awal. ISRN mengajak umat Islam di dunia untuk memberikan kontribusi pengambilan data fajar di tempat masing-masing untuk memperbaiki jadwal sholat subuh dan isya di dunia. In syaa Allah, kami akan bantu memproses datanya, gratis . . . tanpa biaya.

Dengan lima hari tambahan data fajar, kini ISRN memiliki 282 hari data fajar Indonesia, dan sekitar 730 hari data fajar dunia. Harga rerata sudut kedalaman matahari dunia tetap pada kisaran -13 derajat dan standard deviasi 1.4 derajat.

Yang tertarik, silahkan ikuti video berikut: 

0 comments: