Friday, March 27, 2020

Undangan diskusi virtual tentang Fajar Global




Ini adalah video pertama hasil kerjasama Islamic Science Research Network (ISRN) UHAMKA dengan OpenFajr Project, Inggris Raya. Meskipun sebetulnya, kami telah bekerjasama sejak Juni 2019 lalu. Video yang sama versi bahasa Inggris telah kami publikasikan pada 21 Maret 2020 lalu (lihat di sini).

Saat ini, ISRN memiliki 245 hari data astronomi yang dikumpulkan dari 2015 hingga 2020 untuk menentukan kehadiran fajar. Dari data ini, kami memperoleh harga rerata kemunculan fajar adalah pada dip -13,24 derajat dengan deviasi standar 1.81 derajat. Sementara itu, Proyek OpenFajr, Inggris memiliki 422 hari data astronomi dan memberikan harga rerata -12.98 derajat dengan standar deviasi 0.99 derajat.

Video ini menjelaskan bahwa secara statistik, kedua populasi ini sebenarnya sama. Dengan demikian, kita dapat menggabungkan mereka menjadi satu populasi yang memberikan rerata populasi akhir -13.05 derajat dan deviasi standar 1.32 derajat. Fakta ilmiah di atas mengarah pada Null Hypothesis baru yang menyatakan bahwa kehadiran subuh sebenarnya sama di seluruh dunia, yaitu saat Matahari berada pada sudut depresi sekitar -13 derajat. Data astronomi terbatas yang dikumpulkan di Tacoma (Washington State), Kairo, Istanbul, dan Madinah (Arab Saudi) untuk sementara mendukung Null Hipotesis baru ini.

Karena itu, kami mengundang kolaborasi internasional untuk mengembangkan skema pengumpulan data crowdsourcing. Kami akan dengan senang hati membantu jika Anda membutuhkan bantuan teknis tentang cara mengumpulkan dan memproses data. Jika Anda tertarik, silakan ikuti tautan ini:



Video lain yang menarik:


0 comments: