Saturday, February 17, 2018

Gerakan Umat Mencari Fajar (GUMF)

Assalamu'alaikum,

Dalam tiga-empat minggu terakhir, saya banyak memenuhi undangan masyarakat yang menghendaki penjelasan yang lebih rinci tentang hasil penelitian kami tentang awal waktu subuh dan isya (lihat http://cis-saksono.blogspot.co.id/2018/01/evaluasi-awal-subuh-dan-isya-perspektif.html). Dalam kesempatan menjelaskan hasil penelitian kami, saya selalu menyampaikan keinginan untuk mengundang partisipasi umat Islam dalam pengumpulan data kehadiran fajar yang lebih banyak lagi.

Saat saya melakukan presentasi di Yogyakarta, ada ratusan pemuda yang sangat antusias untuk membantu pengumpulan data fajar ini. Saya sangat gembira sekali dengan sambutan yang sangat luar biasa ini. Untuk itulah, hari ini, ISRN meluncurkan sebuah program yang kami beri nama: Gerakan Umat Mencari Fajar. Intinya, kami mengundang partisipasi umat Islam untuk mengumpulkan data fajar melalui pemotretan menggunakan kamera digital. Data tersebut akan kami proses dan analisis dengan teknik image processing, dan hasilnya akan kami publikasikan sebagai hasil kerja besar umat Islam Indonesia dalam memverifikasi kehadiran fajar.

Batasan teknis dan administratif cara pemotretan fajar ini beserta contoh hasil pemotretan yang dilakukan oleh masyarakat di Jakarta diberikan dalam file PDF berikut. Yang tertarik untuk berpartisipasi, silahkan download file tersebut melalui: https://drive.google.com/open?id=1FaU6FplmF4Ees1vI_FsjhUcuyfK5FQqU

Jika ada yang kurang jelas, silahkan email kami di isrn.gumf@gmail.com.

Wassalam,

0 comments: