Friday, June 14, 2013

Analisis astronomis awal Ramadan 1434-H

Pada maghrib 8 Juli 2013 yang akan datang, umat Islam akan mulai memasuki awal Ramadan 1434-H. Berarti pada subuh 9 Juli 2013, umat Islam telah diwajibkan berpuasa. Sayangnya, posisi hilal pada 8 Juli 2013 akan sangat rendah,hanya sekitar 0.7 derajat (referensi Jakarta), sehingga seperti kebiasaan sebelumnya, kemungkinan pemerintah Indonesia akan menetapkan sehari lebih terlambat, berdasarkan kriteria imkan rukyat.

Analisis astronomis awal Ramadan ini saya kemas dalam tiga file. Ketiga file tersebut telah saya presentasikan di depan acara Sarasehan Majelis Tarjih dan Tajdid (MTT), Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang mengundang saya pada 13 Juni yang lalu. Silahkan ikuti bahan2 analisis yang saya buat tersebut.


Pertama, file xps yang dapat didownload dari:
 https://skydrive.live.com/redir?resid=69BB9406C840FCCD!148

Yang kedua adalah file pps yang dapat didownload dari:

Yang terahir adalah file aplikasi animasi fase Bulan yang dapat didownload dari: 


Dari analisis tersebut, semakin jelaslah bahwa kriteria imkan-rukyat sebetulnya bukan kriteria saintifik, karena bias, bertentangan dengan common sense, bahkan tidak adil. Kekeliruan ini timbul terutama karena memandang fenomena alam sebagai sesuatu yang diskrit (discrete). Padahal alam bersifat analog yang continuous. Mudah2 an pemerintah Indonesia segera menyadari kekeliruan ini.

0 comments: