Friday, September 12, 2008

Ya-Sin: Robust definition of the beginning of Islamic month


Tono Saksono, Ph.D

Tahun 2008 (1429H) ini secara umum umat Islam di seluruh dunia insya Allah tidak mengalami perbedaan dalam penentuan awal Ramadan, awal Syawal maupun awal bulan Dzulhijjah. Ini terjadi karena posisi hilal pada maghrib awal bulan-bulan tersebut cukup tinggi yang berkisar sekitar 6 s/d 10,4 derajat busur. Begitu juga, pada tahun 2009 (1430H) yang akan datang, posisi hilal juga akan cukup tinggi pada kisaran 6,3 s/d 12,1 derajat busur. Keduanya jauh di atas batasan minimal Departemen Agama RI yang hanya 2 derajat.

Namun demikian, awal Ramadan pada tahun 2010 (1431H) yang akan datang, posisi hilal tidak akan setinggi dua tahun sebelumnya, yaitu hanya akan ada pada kisaran 2,8 derajat. Meskipun masih lebih tinggi dari ketentuan Departemen Agama RI, namun, posisi hilal sangat berpotensi untuk tidak akan tampak oleh para perukyat. Akhir Ramadan 1431H akan cukup aman karena hilal akan ada pada ketinggian 11,5 derajat. Namun, sekali lagi, posisi hilal akan sangat rendah pada awal bulan Dzulhijjah yang akan hanya di kisaran 1,6 derajat. Dengan demikian, awal bulan Ramadan dan Iedul Adha 1431H yang akan datang, umat Islam di dunia berpotensi lagi akan mengalami pebedaan penentuan harinya.

Bila kita cermati dengan seksama, ternyata pendefinisian awal bulan Qomariyah Islam sebetulnya sudah sangat jelas diberikan dalam surat Ya-Sin ayat 39-40. Simulasi komputer untuk menjelaskan posisi hilal dan matahari pada akhir bulan dan awal bulan Qomariyah berikutnya diberikan pada file berikut. Silahkan di download dari alamat berikut atau dengan mengklik gambar di samping kiri, di bawah tanda FREE DOWNLOAD.

http://www.mediafire.com/?sharekey=85ebca82a474366bd2db6fb9a8902bda

Seorang ulama besar Islam berkebangsaan India, Dr. Zakir Naik, mengatakan: QUR'AN IS NOT A BOOK OF SCIENCE, IT IS A BOOK OF SIGNS. Memang untuk memahami pesan dalam Al-Qur'an, kita harus merenungkannya dengan penuh perhatian, karena Allah berfirman: dzalika la ayatun liqoumin ya'kilun. Sungguh Allah Maha Besar.

1 comments:

cipie said...

Pd tgl 1 Ramadhan 1429H juga jatuh tgl 1 sept 2008, pada posisi hilal yg tinggi. berarti pada tahun 2010 (1431H) perbedaan persepsi penentuan tgl ramadhan juga akan berpengaruh jauh antara tim rukyat dept agama dan tim rukyat golongan lainnya? Bgmn pendapat Pak Tono potensi perbedaannya. Tks